Banyak sekali yang beranggapan bahwa game hanya untuk senang-senang dan tidak mendidik sama sekali.Tapi anggapan yang seperti itu tidak sepenuhnya benar.Karena di dalam pembuatan game tersebut juga diperlukan pembelajaran tersendiri dan butuh wawasan yang cukup luas tentang teknis.
Game online adalah salah satu jenis game yang paling sulit dikembangkan, karena
membutuhkan banyak sekali pengetahuan teknis mulai dari networking
(pengiriman data), set up server, security (agar tidak mudah dicurangi),
dan lain-lain. Tapi game online sendiri ada berbagai tipe dengan
tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula:
Text Based Online Game
Game
online berbasis text, contohnya Mafia Wars atau Travian. Game online
paling sederhana, cukup menampilkan data dari server, tidak perlu
terlalu banyak interaksi antar pemain secara realtime. Misalnya pemain A
yang sedang menyerang pemain C tidak akan muncul pada layar permainan
pemain B walau berada pada wilayah in-game yang sama.
Asynchronous Online Game
Game
dimana kita bisa bermain dengan karakter teman kita, namun yang
bersangkutan tidak perlu online, contohnya Buddy Rush. Kita cukup
menggunakan data terbaru dari karakter teman kita tersebut, lalu
menggerakkannya dengan AI agar terkesan bahwa kita bermain dengan teman
kita. Lebih kompleks karena interaksi pemain dengan sistem harus
realtime (misalnya kita pukul seekor monster, data di server harus
diupdate dengan nyawa monster baru yang telah dikurangi). Tapi tiap
permainan hanya menerima input dari satu pemain saja.
Real Time Online Game
Game
online dimana kita bisa bermain dengan orang lain pada waktu yang
bersamaan. contohnya Point Blank atau DotA (via BattleNet). Game tipe
ini tingkat kesulitannya lebih besar lagi karena tiap input dari setiap
pemain harus mempengaruhi data di server dan pada layar game setiap
pemain. Misalnya pada sesi DotA 10 orang, pemain #1 mengeluarkan jurus
ke pemain #2, di layar permainan pemain #1-#10 harus melihat kejadian
yang sama, di waktu yang sama, dan dengan efek yang sama (misalnya
jumlah HP pemain #2 yang berkurang).
Massively Multiplayer Online Game
Game
online real time dengan jumlah pemain jauh lebih banyak dibanding jenis
game sebelumnya, contohnya Ragnarok Online atau World of Warcraft. Pada
suatu waktu, pemain yang online bisa menembus angka ratusan bahkan
ribuan, sehingga jumlah transaksi data yang terjadi sangat banyak ,
sehingga server harus dibuat agar dapat menangani transaksi data
sebanyak itu.
Dari semua tipe game online yang disebutkan di
atas, kuncinya adalah untuk mempelajari bagaimana hubungan client-server
dalam sebuah game. Sederhananya, server adalah tempat untuk menyimpan
berbagai data permainan, dan client adalah aplikasi untuk menampilkan
data pada server dengan tampilan pada game. Semua input pada client
harus bisa diterima oleh server dan server harus bisa memberikan respon
sesuai dengan input yang dikirimkan.
Bukan hanya hiburan saja sebenarnya yang kita dapatkan dari game,tetapi juga ilmu yang cukup bermanfaat untuk mengembangkan wawasan kita.
Semoga bermanfaat....
Selamat mencoba....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar