Minggu, 19 Februari 2012

Cara Membuat Game Online yang Paling Mudah

Banyak sekali yang beranggapan bahwa game hanya untuk senang-senang dan tidak mendidik sama sekali.Tapi anggapan yang seperti itu tidak sepenuhnya benar.Karena di dalam pembuatan game tersebut juga diperlukan pembelajaran tersendiri dan butuh wawasan yang cukup luas tentang teknis.

Game online adalah salah satu jenis game yang paling sulit dikembangkan, karena membutuhkan banyak sekali pengetahuan teknis mulai dari networking (pengiriman data), set up server, security (agar tidak mudah dicurangi), dan lain-lain. Tapi game online sendiri ada berbagai tipe dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula:

Text Based Online Game

Game online berbasis text, contohnya Mafia Wars atau Travian. Game online paling sederhana, cukup menampilkan data dari server, tidak perlu terlalu banyak interaksi antar pemain secara realtime. Misalnya pemain A yang sedang menyerang pemain C tidak akan muncul pada layar permainan pemain B walau berada pada wilayah in-game yang sama.

Asynchronous Online Game

Game dimana kita bisa bermain dengan karakter teman kita, namun yang bersangkutan tidak perlu online, contohnya Buddy Rush. Kita cukup menggunakan data terbaru dari karakter teman kita tersebut, lalu menggerakkannya dengan AI agar terkesan bahwa kita bermain dengan teman kita. Lebih kompleks karena interaksi pemain dengan sistem harus realtime (misalnya kita pukul seekor monster, data di server harus diupdate dengan nyawa monster baru yang telah dikurangi). Tapi tiap permainan hanya menerima input dari satu pemain saja.

Real Time Online Game

Game online dimana kita bisa bermain dengan orang lain pada waktu yang bersamaan. contohnya Point Blank atau DotA (via BattleNet). Game tipe ini tingkat kesulitannya lebih besar lagi karena tiap input dari setiap pemain harus mempengaruhi data di server dan pada layar game setiap pemain. Misalnya pada sesi DotA 10 orang, pemain #1 mengeluarkan jurus ke pemain #2, di layar permainan pemain #1-#10 harus melihat kejadian yang sama, di waktu yang sama, dan dengan efek yang sama (misalnya jumlah HP pemain #2 yang berkurang).

Massively Multiplayer Online Game

Game online real time dengan jumlah pemain jauh lebih banyak dibanding jenis game sebelumnya, contohnya Ragnarok Online atau World of Warcraft. Pada suatu waktu, pemain yang online bisa menembus angka ratusan bahkan ribuan, sehingga jumlah transaksi data yang terjadi sangat banyak , sehingga server harus dibuat agar dapat menangani transaksi data sebanyak itu.

Dari semua tipe game online yang disebutkan di atas, kuncinya adalah untuk mempelajari bagaimana hubungan client-server dalam sebuah game. Sederhananya, server adalah tempat untuk menyimpan berbagai data permainan, dan client adalah aplikasi untuk menampilkan data pada server dengan tampilan pada game. Semua input pada client harus bisa diterima oleh server dan server harus bisa memberikan respon sesuai dengan input yang dikirimkan.

Bukan hanya hiburan saja sebenarnya yang kita dapatkan dari game,tetapi juga ilmu yang cukup bermanfaat untuk mengembangkan wawasan kita.
Semoga bermanfaat....
Selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar